Tips Mudik Dengan Hewan Peliharaan



#30harimenulis_27

Tips Mudik Dengan Hewan Peliharaan


Masih suasana lebaran yah walau sudah seminggu lewat. Rasanya kurang liburannya karna ketemu sanak family jauh hanya setaun sekali. Nah kali ini mau bagi tips mudik bagi yang punya hewan peliharaan. Biasanya sih kalau gak memungkinkan suka dititip di petshop selama libur lebaran, tapi kalau memungkinkan suka dibawa mudik juga. Nah gimana persiapannya? Yuks ahh kita bahas...

Nah saya mudik lumayan jauh sekitar 6 jam perjalanan kalau gak macet, kalau macet bisa 8-12 jam makanya perlu persiapan matang nih. Saya punya 4 kucing, dan semua dibawa mudik pakai mobil. Sebelumnya cek kesehatan kucing dulu yah kalau mau dibawa mudik, soalnya kasian kalau sakit kan dibawa mudik jauh. Jangan lupa makanan kucing, pasir, litterbox juga kandang untuk mereka. Saya bawa kandang ukuran kecil, 75*50cm dan juga pet cargo. Sebelum perjalanan pastikan kucing cukup makan dan minum juga sudah pup dan pee sebelumnya.

Mobil yang dipakai dipersiapkan khusus kursi bagian belakang kita copot/lipat agar ruangan lebih besar untuk menyimpan kandang. Kucing saya masukan kandang supaya mereka lebih bebas bergerak, kalau pakai pet cargo kasian terlalu kecil dan pengap. Makanan dan minuman saya simpan dalam kotak yang mudah dijangkau. Ac pastinya terus menyala karena kasian kalau mereka sampai kepanasan apalagi jika suasan macet atau jika tidak jendela mobil sesekali dibuka agar ada udara segar yang masuk. Sesekali saya cek kondisi mereka dan setiap 3 jam saya beri mereka camilan dan minum. Saya juga cek apakah mereka ingin pee atau pup. Jika sudah terbiasa dengan kebiasaan mereka, pasti tau deh tingkah mereka jika ingin pee atau pup ^^

Pokoknya kalau bawa hewan peliharaan itu seperti bawa bayi deh, kita harus terus pantengin kondisi mereka. Karena mereka gak bisa speak kayak kita kalo ngerasa gerah, lapar, sakit atau tidak nyaman, mereka cuma bisa ngeong atau hanya diam murung. Itu kenapa kita harus tau kebiasaan dan sifat mereka. Kayaknya ribet yah, tapi nyatanya gak kok, asal mereka nyaman dengan suasana mobil maka mereka akan enjoy dan gak rewel. Sama lah yah kayak kita, kalo kita nyaman duduk manis di mobil walo macet juga kita akan enjoy, hehe...

Intinya persiapan mudik bawa hewan peliharaan itu diantaranya;
1.     Cek kesehatan hewan, jika dalam kondisi sakit maka jangan lupa bawa obat-obatan hewan supaya kesehatannya tetap terjaga saat mudik
2.    Bawa perlengkapan hewan, contohnya kalo kucing, seperti vitamin, obat-obatan kucing, gunting kuku, sisir, sampo, dll jika mudiknya lama
3.    Kandang yang memadai ukurannya jangan terlalu kecil kasian
4.    Pet cargo
5.    Makanan, dry food atau wet food juga camilan
6.    Litter box
7.    Pasir kucing
8.    Yang penting buatlah hewan peliharaan nyaman berada di dalam kendaraan selama perjalanan.

Nah sekian tips dari saya, selama saya mudik sih alhamdulillah kucing saya tidak rewel dan enjoy selama perjalanan. Mudah2an bermanfaat yah buat yang mau mudik bawa hewan peliharaan. ^^

Komentar