Berat Badan



#30harimenulis_14
Berat Badan

Menurut kalian berat badan ideal tuh kayak gimana sih? Mungkin bagi sebagian wanita punya tubuh ideal itu keharusan. Melakukan diet, olahraga khusus, bahkan ada yang mengkonsumsi vitamin/obat. Tapi bagi saya, tubuh ideal itu adalah tubuh yang sehat. Mau badan kurus atau gemuk, yang penting sehat. Setuju kan? ^^

Saat semua orang sibuk diet dengan melakukan ini itu, saya justru sibuk menggemukan badan dengan makan ini dan itu. Yah, saya tipe orang yang susah gemuk namun mudah sekali kurus. Jika sakit beberapa hari saja bisa turun beberapa kilo. Rasanya aneh yah, susah gemuk padahal saya sudah makan vitamin, obat, susu penggemuk badan, makan segala tanpa pantangan tapi naik satu kilo saja susahnya minta ampun. Sampai stress saya gimana caranya supaya gemuk. 
Akhirnya pergilah ke dokter gizi, menurut dokter gizi, bisa saja tubuh saya susah gemuk karena faktor keturunan, tapi mamah dan bapa badannya subur semua, hehe... Saya melakukan beberapa tes di rumah sakit dan ternyata faktornya adalah metabolisme tubuh saya yang tinggi dan tidak dapat menimbun lemak, thats why saya susah gemuk walau sudah makan sebanyak apapun. Dokter memberikan jadwal atau menu makan sehari-hari dari pagi sampai malam. Apa yang harus dimakan sebagai makanan pokok, apa yang dimakan sebagai camilan, jadwal tidur, olahraga, dan lain-lain.

Program dari dokter tidak berhasil juga, huhu... Karena tidak bisa menimbun lemak, bagaimana jika memperbesar otot? Itulah yang terlintas dipikiran saya saat sudah desperate karena badan tidak kunjung gemuk. Jelek kan yah kalau badan terlalu kurus, jadi sering sakit-sakitan akhirnya. Bukan berarti tubuh kurus identik dengan peyakit yah, hanya saja sebelumnya berat badan saya ideal 50kg, sejak rutinitas yang padat akhirnya berat badan turun drastis jadi 37kg, bayangkan sodara-sodara, kurus banget kan? Heuheu...

Saya akhirnya memutuskan untuk rutin olahraga dari mulai lari pagi, lari sore, sit-up, push-up, dan back up, juga angkat beban. Awalnya memang cape dan malas, tapi lama-lama jadi terbiasa. Yang awalnya hanya 3 keliling gymnasium meningkat jadi 10 keliling, dari hanya 50 kali sit-up, push-up meningkat jadi 100 kali, dan itu dilakukan saat pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Semakin lama tubuh kurus saya semakin berisi. Bukan lemak, tapi otot yang terbentuk. Berat badanpun meningkat dan kalau kata orang mah jadi montok gitu, hehe...

Senang rasanya tubuh mulai terlihat bentuknya, tidak cungkring lagi. Makan banyak, diimbangi dengan olahraga wah mantap deh rasanya, tidur pun jadi nyenyak dan badan selalu terasa fit. Saya melakukan olahraga rutin selama kurang lebih 3 tahun. Tapi sejak saya sibuk bekerja pergi pagi pulang malam, rutinitas olahraga menjadi kacau. Perlahan tubuhh saya menyusut kembali. Sedih lah pasti susah payah saya olahraga tapi karena kesibukan yang terlalu tinggi akhirnya rutinitas jadi terganggu. Rasa cape karena bekerja menyebabkan saya mengurangi olahraga sampai akhirnya berhenti total. Badan kembali kurus dan mulai sering sakit karena memang kekebalan tubuh juga menurun.

Sekarang saya pun sedang mencoba rutin lagi olahraga, karena saya tidak bisa gemuk dengan makan saja atau meminum obat atau susu penggemuk badan. Sebenarnya sih kurus tidak masalah yah asal kita sehat, tapi tetap harus diusahakan untuk mendapatkan berat badan ideal. Untuk yang kurus jangan sedih, kamu masih tetap okeh kok asal jaga kesehatan dan pola hidup yah ^^.

Kalau mau tahu kenapa kamu kurus terus, coba konsultasikan ke dokter penyebab kamu sulit menaikan berat badan karena setiap orang berbeda-beda penyebabnya. Dan untuk yang gemuk, jangan berkecil hati yah, kalau mau diet boleh saja asal jangan terlalu berambisi, jangan sampai kena anoreksia. Tahu kan anoreksia? ]Anoreksia nervosa atau anoreksia adalah gangguan makan dengan mengkonsumsi jumlah makanan yang sangat terbatas, yang mengarah ke kelaparan dan bisa berakibat fatal. Akhirnya kondisi ini bisa menjadi berbahaya karena penderita sangat kurus dan kurang gizi, namun penderita masih menganggap dirinya kelebihan berat badan (http://doktersehat.com/anoreksia-nervosa/). Dan jangan sampai juga terkena Bulimia, yaitu keadaan dimana seorang pasien makan secara berlebihan secara berulang-ulang (binge) dan kemudian kembali mengeluarkannya. Mengeluarkan makanan yang dimakan ini bisa melalui muntah yang biasanya diinduksi dengan obat pencahar, selain itu juga dengan mengeluarkannya lewat kencing dengan menggunakan obat diuretik (https://id.wikipedia.org/wiki/Bulimia_nervosa).

Nah teman-teman semua, sudah seharusnya kita bersyukur yah dengan keadaan kita sekarang. Kurus gemuk tidak masalah asal sehat. Yang penting jika ingin kurus atau gemuk, jangan lupa konsultasikan dengan dokter, langkah atau cara apa yang baik. Jika ingin diet, lakukankan diet yang sehat jangan sampai menyiksa diri sendiri dan berakibat fatal seperti terkena anoreksia atau bulimia.

Komentar