BIVAK


#30harimenulis_1

BIVAK

Bivak,, untuk yang suka dengan alam atau naik gunung pasti gak aneh dengar kata ini...
Yah bivak alias rumah/tempat berlindung sementara di alam bebas. Tapi bivak yang ini bukan tempat sementara yah tapi rumah kedua untukku. Tepatnya berada di kampusku tercinta, Fakultas Kehutanan IPB Bogor. Tak seperti rumah pada umumnya, bivakku ini seperti basecamp hanya dua ruangan dengan beralaskan karpet, gazebo dari bambu namun terdapat kehangatan didalamnya. Disinilah aku mengerti apa itu keluarga. Dari suka, duka, senang, susah, kesel, jaim, semuanya ada disini.

                                          pict from rimpalaipb

Pertama mengenal bivak saat masuk kuliah semester 3, yah karena jurusanku kehutanan makanya aku masuk pecinta alam untuk menunjang pendidikanku di dalam dan luar lapangan. Tidak ada kata liburan untuk kami para anak hutan, yah itulah sebutan kami. Setiap liburan semester tiba akan ada perjalanan panjang praktek lapangan d gunung, hutan, mangrove, bahkan pantai. Otomatis fisik dan mental harus siap dong, dan di Bivak inilah fisik mentalku ditempa. Bertemu teman baru dari berbagai daerah yang berbeda dan kebiasaan yang berbeda.

Satu hal yang sering kakak senior ah bukan senior, bagi kami mereka itu ayah/ibu, kakak, abang, teteh, adik, teman... yang selalu menanamkan arti persahabatan, kerjasama, dan keluarga. Kalian memang berbeda tapi kalian itu tetap satu, kalian itu KELUARGA!!!!

Bivak selalu membuatku rindu akan kebersamaannya, canda tawanya, kejailannya, tangis sendunya dan yang pasti begadang bersamanya. Bivak itu tidak hanya sekedar tempat berlindung, tapi tempat belajar tentang kehidupan yang sebenarnya. Berbagi pengalaman dari kakak-kakak yang sudah dahulu terjun di kehidupan nyata tentang keluarga, pekerjaan, lapangan, teman, musuh, bisnis, semuanya mereka berikan kepada kami sebagai bekal kami setelah kami lulus nanti. Dari bivaklah kami belajar banyak, tidak hanya tentang pelajaran kuliah kami tapi tentang kehidupan nyata di depan kami.

ShintaWae_RXI/20170601






Komentar